Penyebab Komputer/Laptop Sering Restart Sendiri

Penyebab Komputer/Laptop Sering Restart Sendiri
Mungkin sebagian dari anda pernah mengalami yang namanya Komputer/Laptop tiba-tiba melakukan restart pada saat digunakan , hal tersebut memang sangat menyebalkan dan jangan anda anggap sepele hal seperti itu , karena jika tidak diatasi maka bisa-bisa kerusakan yang kecil akan menjadi besar dan merusak komponen-komponen lainnya pada Komputer/Laptop , nah untuk mengurangi resiko tersebut Teknisi Komputer Surabaya akan membahas tentang Penyebab Komputer/Laptop Sering Restart Sendiri

1 . Prosessor Mengalami Overhead ( Kepanasan )
Mengapa Prosesor mengalami Overhead ? hal yang pasti adalah karena panas hehe... pada dasarnya sebuah prosesor diberikan Heatsink + Mini Fan , hal ini bertujuan untuk memberikan Efek dingin / Meredam panas dari Prosessor itu pada saat digunakan, untuk itu jika terjadi Komputer/Laptop Restart Sendiri maka segeralah Cek Bagian Mini Fan Prosessor + Heatsinknya , beberapa kemungkinan yang akan terjadi sebagai berikut
  • Mini Fan tidak Berputar dengan Normal ( Rusak ) cara menanganinya paling mudah yaitu Menggantinya dengan yang baru ! 
  • Heatsink Longgar / Tidak terpasang dengan Benar ( Hal ini tidak akan terjadi jika anda tidak pernah membongkarnya , namun tidak ada salahnya untuk melihat apakah Heatsink Longgar / telah terpasang dengan Benar )
  • Pastha Heatsink telah Kering , sehingga Prosessor Menjadi Panas ( Hal ini jarang terjadi , karena Pastha pada Heatsink Tahan lama , namun jika memang Laptop/Komputer Sudah Umur ya silahkan di Cek dan diberi Pastha lagi )
  • Kotoran ( Debu ) hal ini bisa menyebabkan Prosessor cepat Panas karena Pendinginan yang dilakukan oleh Mini Fan tidak diterima secara Optimal oleh Prosessor .
2. Power Supply Melemah
 Hal ini sangat sering terjadi , dikarenakan Supply daya dari Power Supply tidak Optimal ke Seluruh Komponen pada Motherboard, yang mengakibatkan Komputer/Laptop mengalami Restart Sendiri .
jika di logika maka, Ketika Proses POST ( BIOS ) komputer akan berjalan dengan normal , namun ketika anda mulai memasukan Operating System ( Windows,dsb) maka Daya yang dibutuhkan Motherboard untuk Supply ke Harddisk, Ram dll sangat besar. jika daya tidak kuat maka otomatis akan Restart dan Mengulang lagi ke Proses POST dst, maka jika sudah Seperti ini Sebaiknya anda Mengganti Power Supply tersebut !

3. Kerusakkan Harddisk
Untuk masalah Komputer/Laptop yang Restart karena kerusakan pada Harddisk , ini disebabkan karena Harddisk mengalami Badsector yang mengakibatkan Harddisk tidak bisa membaca data yang ada didalamnya dengan baik , maka secara otomatis akan memancing Komputer/Laptop untuk melakukan Restart , cara mengatasinya dengan melakukan Checkdisk / Defragment pada Harddisk untuk membersihkan Badsector pada Harddisk anda !

4. Kerusakkan RAM.
Untuk masalah ini sering terjadi , hal ini awalnya karena memori RAM tidak dapat menjalankan Program komputer dengan Baik dan Menyebabkan Komputer Mengalami Restart , jika terus menerus maka Komputer tidak akan Bisa Menampilkan Gambar , ( Kerusakan tidak Munculnya Tampilan di Monitor padahal CPU Menyala , disebabkan oleh Kerusakan RAM atau VGA ) . untuk mengatasi masalah ini , anda dapat Membersihkan Memori RAM dengan Menggunakan Karet Penghapus , Bersihkan Bagian Kuningan RAM saja ,

5. Tidak Stabilnya Daya Listrik yang diterima !
Hal ini sering terjadi untuk daerah yang memiliki Daya Listrik Naik Turun , hal ini dapat menyebabkan Komputer/Laptop mengalami Restart Secara Tiba-tiba, cara amannya dengan Menggunakan Stavolt.

6. Kabel Data Harddisk tidak Optimal .
Hal ini sering terjadi pada Harddisk Sata , karena kabel data sata pada harddisk tidak bekerja dengan baik yang mengakibatkan pembacaan data dari Harddisk tidak Optimal dan Komputer akan me-Restart sendiri ,

7. Colosion Hardware dengan Software 
Crash yang terjadi antara Hardware dengan Software ini sering terjadi untuk Software Driver yang tidak cocok dengan Hardware , namun terkadang juga dikarenakan Software yang anda install pada komputer tidak dapat di terima oleh Hardware dan menyebabkan Restart.

Penyebab Komputer/Laptop Sering Restart sendiri dapat anda pelajari dan pahami dengan membaca pembahasan diatas , dengan ini berakhirlah artikel saya tentang Penyebab Komputer/Laptop sering Restart Sendiri. semoga bisa bermanfaat untuk anda dan membantu anda mengatasi masalah , trims

Artikel Terkait

0   komentar

Post a Comment

Cancel Reply
Teknisi Komputer
Follow Me On Twitter Facebook Fanspage Circle Me On Google Plus